Apa itu Support & Resistance? Dan Bagaimana Mengenalinya?

Dalam dunia trading, dua istilah yang sering muncul dan menjadi patokan penting bagi trader adalah support dan resistance. Kedua istilah ini merujuk pada konsep teknis yang digunakan untuk menentukan level harga di mana psikologi pasar berubah dari “bullish” menjadi “bearish” atau sebaliknya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu support dan resistance dan bagaimana mengenalinya.

Apa Itu Support dan Resistance?

Support dan resistance adalah dua konsep kunci dalam analisis teknis yang membantu trader dalam membuat keputusan trading. Support dan resistance adalah level harga di mana demand dan supply bertemu, dan efeknya dapat mengubah tren pasar.

Support adalah level harga di mana permintaan (buyers) dianggap cukup kuat untuk mencegah harga jatuh lebih lanjut. Dengan kata lain, level ini adalah titik di mana pembeli mulai lebih dominan daripada penjual, sehingga mendorong harga naik.

Di sisi lain, Resistance adalah level harga di mana penawaran (sellers) dianggap cukap kuat untuk mencegah harga naik lebih tinggi. Level ini adalah titik di mana penjual mulai lebih dominan daripada pembeli, mendorong harga turun.

Bagaimana Mengenalinya?

Mengidentifikasi level support dan resistance sangat penting dalam trading karena dapat membantu trader dalam mengambil keputusan, seperti kapan harus masuk atau keluar dari posisi trading. Berikut adalah beberapa cara untuk mengenalinya:

Menggunakan Grafik Harga

Cara paling sederhana untuk mengidentifikasi level support dan resistance adalah dengan melihat grafik harga. Anda bisa mencari level di mana harga berulang kali gagal naik atau turun lebih jauh. Ini biasanya terjadi karena ada banyak pesanan beli atau jual di level tersebut.

Menggunakan Moving Averages

Moving averages juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi level support dan resistance. Moving average adalah rata-rata harga selama periode waktu tertentu. Jika harga berulang kali berbalik arah setelah menyentuh moving average, maka moving average tersebut bisa dianggap sebagai level support atau resistance.

Menggunakan Indikator Teknis

Ada beberapa indikator teknis yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi level support dan resistance, seperti Bollinger Bands, Pivot Points, dan Fibonacci Retracement. Indikator-indikator ini menghitung level support dan resistance berdasarkan statistik dan perhitungan matematis.

Mengidentifikasi level support dan resistance sangat penting dan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan grafik harga, moving averages, atau indikator teknis. Dengan mengenal dan memahami support dan resistance, trader dapat membuat keputusan trading yang lebih baik dan efektif.

0 Comments

Posting Komentar